Festival Makanan Populer di Jepang: Camilan dan Permen untuk Dinikmati Sepanjang Tahun

Festival biasanya diadakan sepanjang tahun di Jepang dan menyajikan hidangan di yatai, atau kedai makanan. Dari ayam goreng karaage yang baru dimasak hingga taiyaki isi pasta kacang merah dan makanan lainnya. Makanan ringan dan makanan penutup di festival menambahkan sentuhan akhir pada keajaiban matsuri Jepang.

Festival Makanan Jepang yang Wajib Dicoba

Festival berlangsung di kuil, kuil, dan tempat lainnya sepanjang tahun di Jepang, merayakan acara musiman atau bersejarah. Pada hari-hari festival, pemilik toko mendirikan kios makanan yang dikenal sebagai “yatai”, dan kios di luar ruangan di jalan. Di taman, atau jalan setapak untuk mendekati kuil. Festival memiliki banyak variasi camilan dan manisan. Dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menikmati makanan jalanan Jepang. Dengan harga yang wajar seringkali harganya kurang dari 500 yen.

Makanan Jepang biasanya disajikan dari yatai seperti di atas. Mereka biasanya menyajikan hidangan, makanan penutup, dan minuman Jepang yang cepat dan lezat.

Di bawah ini adalah beberapa makanan dan manisan khas yang bisa Anda nikmati di festival Jepang. Perlu diingat bahwa di tahun 2020, banyak festival yang dibatalkan, ditunda, atau tidak menyajikan makanan. Kami merekomendasikan untuk mengingat artikel ini untuk tahun 2021 dan seterusnya!

Makanan dan Camilan Festival Jepang yang Gurih

Hidangan gurih yang ditemukan di festival di Jepang bervariasi. Dan pasti akan memuaskan selera semua orang, mulai dari yakisoba hingga ayam goreng. Manjakan diri dengan sesuatu yang dimasak segar dari warung, dikombinasikan dengan suasana meriah, akan membuat pengalaman Anda semakin nikmat. Harap diperhatikan bahwa pilihan makanan akan berbeda menurut festival, lokasi, dan waktu tahun.

1. Mie Yakisoba

Yakisoba adalah hidangan mie tumis yang sering ditemukan di festival-festival di Jepang. Yakisoba dibuat dengan mie yang digoreng dengan kubis, babi, ayam atau sapi, wortel, dan beberapa irisan acar jahe. Ao nori, atau rumput laut hijau kering, sering ditaburkan di atasnya. Semburat saus yakisoba dan mayonais Jepang membuatnya lebih segar.

Ini adalah makanan ringan festival klasik yang harus Anda cicipi di matsuri Jepang. Vendor dengan cepat memasak tumpukan besar mie secara bertahap dan membaginya menjadi pesanan sesuai kebutuhan.

2. Takoyaki

Berasal dari Osaka, takoyaki menikmati popularitas di seluruh negeri. Takoyaki dibuat dari adonan pancake Jepang yang ringan. Dibentuk menjadi bola-bola seukuran gigitan dengan potongan kecil gurita matang (tako) di dalamnya, menggunakan pemanggang besi khusus. Itu atasnya dengan saus takoyaki (mirip dengan saus Worcestershire), katsuobushi (serpihan bonito kering), dan rumput laut hijau kering.

Topping opsional termasuk mayones Jepang dan beni shoga (acar jahe merah) dengan mayones, dan bahkan keju.

3. Okonomiyaki

Okonomiyaki adalah hidangan berbentuk bulat dan gurih seperti pancake yang biasanya berisi kubis, babi, dan saus manis. Ini secara harfiah berarti “panggang sesuka Anda” karena banyaknya variasi yang dapat digunakan seseorang dalam bahan.

Pembuatan okonomiyaki membutuhkan waktu untuk diselesaikan, jadi penjual memasaknya secara bertahap dan menyajikan pancake panas setelah dimasak. Ini adalah makanan festival favorit banyak orang, dan hanya sedikit yang bisa lepas dari daya pikat aroma dan rasanya.

4. Ikayaki – Cumi Bakar

Panggang, cumi-cumi, atau ikayaki, adalah camilan festival klasik lainnya. Cumi panggang biasanya dibumbui dengan kecap, disajikan sebagai cincin cumi yang dipotong horizontal. Rasanya lebih ringan dari hidangan yang dipanggang dan ditumis di atas. Menjadikannya camilan sampingan yang enak untuk dinikmati dengan minuman, seperti bir.

5. Yakitori

Yakitori adalah pemandangan umum di festival Jepang dan di warung yatai di pinggir jalan.

Potongan ayam seukuran gigitan diletakkan di atas tusuk sate kayu dan dibumbui dengan saus gurih. Mereka kemudian dipanggang dengan sempurna, memberikan aroma yang unik. Potongan-potongan ini bisa berupa paha ayam, bakso ayam, kulit ayam. Sayap ayam dan tulang rawan tulang, ekor ayam, bahkan organ dalam ayam.

6. Karaage – Ayam Goreng Jepang yang Lezat

Karaage, atau ayam goreng ala Jepang, adalah camilan lain yang lazim dan populer di festival. Digoreng segar di yatai, camilan ayam yang lezat ini akan memuaskan hasrat Anda akan sesuatu yang juicy, asin, dan renyah.

Bahkan jika Anda pernah makan ayam goreng Jepang sebelumnya, festival karaage wajib dicoba. Ayam goreng Anda akan disajikan dalam potongan seukuran gigitan di cangkir kertas atau wadah lain untuk dibawa pulang.

7. French Fries dari Semua Varietas

Kentang goreng ditemukan di seluruh dunia. Tetapi varietas di festival di Jepang mungkin tidak seperti kentang goreng lain yang pernah Anda coba sebelumnya. Diucapkan “furaido poteto” (kentang goreng) dalam bahasa Jepang. Camilan asin dan renyah ini disajikan dalam bentuk kentang goreng berukuran jumbo. Dan dipotong panjang di dalam nampan (seperti gambar di atas). Di dalam kantong berisi bumbu yang harus dikocok untuk dicampur. Atau sebagai kentang goreng klasik. Ada juga cita rasa khas Jepang yang unik. Seperti nori shio (serpihan rumput laut dan garam) yang enak dan patut dicoba.

8. Jagung Tomorokoshi Rebus

Kata dalam bahasa Jepang untuk jagung adalah “tomorokoshi,” dan merupakan suguhan musim panas yang populer di festival. Sayur musiman ini biasanya baru dipanggang di warung makan dan disajikan dengan lapisan rasa mentega, rebus. Meskipun Anda mungkin pernah makan camilan ini sebelumnya. Suasana matsuri tradisional dan rasa jagung berpadu dan pasti akan memberi Anda pengalaman unik.

Permen Festival Jepang

Festival di Jepang juga menyajikan makanan penutup tradisional yang sangat lezat. Yang terasa semakin beraroma saat disajikan langsung dari warung makan. Seperti jajanan gurih yang tercantum di atas, makanan yang ditawarkan berbeda-beda menurut daerah dan musim.

9. Taiyaki

Taiyaki adalah kue berbentuk ikan dengan isian yang manis. Dibuat menggunakan adonan pancake atau wafel biasa. Taiyaki dituangkan ke dalam cetakan berbentuk ikan, diisi isian manis, lalu dimasak kedua sisinya. Isian yang paling populer adalah pasta kacang merah yang dimaniskan. Tetapi Anda juga dapat menemukan taiyaki dengan krim custard, cokelat, krim ubi jalar, dan berbagai rasa lainnya.

10. Kakigori – Es Serut

Sebuah favorit tradisional di festival musim panas, kakigori adalah es serut dengan topping sirup. Makanan penutup dingin ini dinikmati terutama selama musim panas dan sering kali diberi sirup rasa buah dan susu kental manis. Beberapa rasa paling populer untuk es serut termasuk stroberi, melon, lemon, cola, mangga, jeruk, dan matcha atau teh hijau. Anak-anak dan orang dewasa sama-sama menikmati makanan penutup yang lezat ini!

11. Pisang Lapis Cokelat

Pisang berlapis cokelat di Jepang adalah suguhan populer di festival. Biasanya, coklat disiram di atas pisang, yang kemudian ditaburi kembang gula manis seperti taburan aneka warna atau kacang. Bisa juga dicelupkan ke dalam jenis cokelat leleh lainnya, seperti cokelat putih, cokelat rasa stroberi, dan segala macam varian cokelat.

Dengan lapisan coklat infus strawberry dan melon, taburan renyah warna-warni. Dan berisi pisang utuh, choco banana menjadi favorit anak-anak dan berjiwa muda.

12. Stik Kentang Manis

Festival cenderung memiliki gorengan dan makanan manis, tetapi tidak semua yang disajikan berat. Satu pengecualian adalah kentang manis Jepang (satsumaimo) –– suguhan terbaik bagi seseorang yang mencari makanan penutup yang memuaskan dengan manfaat nutrisi. Dijual di beberapa festival dengan potongan memanjang seperti batang ubi jalar dengan taburan atau lapisan gula, atau apa adanya. Camilan ini mengandung vitamin dan serat bersama dengan rasa manis yang memuaskan.

Camilan Gurih dan Manis di Festival di Jepang

Makanan yang ditawarkan di warung yatai selama festival di Jepang enak dan bersahabat dengan dompet. Hidangan dapat dinikmati sambil berjalan-jalan di sekitar area festival atau di halaman Anda saat menonton pertunjukan atau pertunjukan kembang api. Terkadang, akan ada ruang dengan meja dan kursi di mana orang bisa beristirahat sejenak untuk menikmati makanannya juga.

Selain yatai yang didedikasikan untuk makanan, tempat ini juga sering memiliki kios yang menyediakan permainan dan aktivitas berhadiah. Jajanan dan makanan penutup yang lezat bersama dengan orang-orang yang mengenakan yukata, lentera yang berkilauan. Dan suasana yang ceria akan menciptakan hari atau malam yang tak terlupakan.