Home / Asia / 3 Tempat Festival Kuliner Tradisional Terkenal di Indonesia

3 Tempat Festival Kuliner Tradisional Terkenal di Indonesia

Festival Makanan Tradisional

Masing-masing negara punya festival uniknya sendiri, bukan hanya negara besar saja yang biasanya menggelar acara festival. Indonesia pun tidak kalah sering mengadakan festival, terlebih lagi kami akan fokus membahas festival kuliner tradisional. Kita bisa mengunjungi tempat festival dengan mudah, karena untuk biaya masuknya gratis tanpa bayaran apapun. Beberapa festival di bawah ini dikemas secara tradisional berdasarkan makanan khas daerah yang ada di Indonesia. Biasanya festinal makanan tradisional tidak hanya dimeriahkan dengan makanan dan minuman saja. Hiburan meliputi konser musik dan demo memasak dari cher ternama yang akan menghiasi acara festival kuliner tradisional. Masyarakat Indonesia tetap antusias dengan festival kuliner ini, karena kita bisa merasakan makanan tradisional dari berbagai daerah tanpa harus mengunjungi asalnya. Hal tersebut menjadi nilai positif yang ada pada penyelenggaraan festival makanan tradisional. Berikut 3 tempat festival yang paling terkenal di Indonesia :

Festival Makanan Kampoeng Tempo Doeloe

Kita awali dengan festival makanan tradisonal yang ada di ibukota yaitu Jakarta. Tema Kampoeng Tempo Doeloe ini menjadi ciri khas tersediri dalam menyelenggarakan acara festival kuliner. Sepanjang mata kita memandang akan sangat disuguhi dengan banyak makanan dari jaman dulu. Festival ini biasanya digelar tiap pertengahan Mei sampai awal Juni di La Piazza Kelapa gading, Jakarta. Kerinduan kita terhadap makanan tradisional jaman dulu bisa kita rasakan kembali secara nyata di sini. karena pihak penyelenggara benar-benar ingin para pengunjung kembali mengenang rasa makanan tempo dulu yang kini sudah jarang ditemui.

kita bisa menemukan 140 hidangan dan 90 booth yang terjajar dalam festival makanan tradisonal tempo dulu ini. Beberapa makanan tradisional yang tersajikan dalam acara festival antara lain, sate maranggi, soto betawi, bakso aci, soto banjar, cilok bandung, dan masih ada banyak makanan lainnya yang bisa kita jumpai di dalamnya. Sebagai kota besar, Jakarta tidak ingin kalah dalam hal festival tradisional demi memeriahkan keberagaman makanan khas Indonesia. Bahkan jajanan tradisional pun sampai ikut disajikan agar masyarakat semakin terkenang dengan jaman dulu.

Festival Makanan Teluk Jailolo

Untuk kamu yang berada di Maluku wajib mengunjuki festival makanan tradisional satu ini. Karena setiap penyelenggaraannya akan selalu meriah dengan pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Kita dapat menikmati makanan khas seperti nasi jaha, sagu lempeng, kasbi santan, dan masih banyak sajian lokal tradisional lainnya. Selain menjajakan makanan tradisional, penyelenggara acara biasa melakukan makan besar bersama di rumah adat Sasadu. Festival makanan tradisional Teluk Jailolo berada di Kabupaten Halmahera Barat tiap 15 sampai 18 Mei. Tanggapan positif dari masyarakat membuat penyelenggara terus mengadakan acara ini tiap tahunnya. Bahkan masyarakat sekitar sering ikut menyumbang makanan yang telah mereka buat dari rumah masing-masing. karena itulah jika kita mengunjungi festival ini, kita akan melihat para pengunjung makan bersama. Maka dari itu, jangan sampai kita ketinggalan dengan festival satu ini. Kemeriahannya patut kita nantikan sebagai salah satu festival makanan tradisional favorit. Terlebih lagi kebersamaan dalam acara ini bisa sangat kita rasakan tiap penyelenggaraanya.

Festival Makanan Rujak Uleg

Festival tradisional ini menjadi salah satu festival favorit warga Surabaya. Terlebih lagi festival ini sudah menghiasi kota Suarabaya sejak tahun 2007. Biasanya kita bisa menikmati festival rujak uleg tepat saat ulang tahun Surabaya. Kawasan Kembang Jepun menjadi spot festival yang mudah kita kunjungi. Selain menyajikan makanan tradisional, festival ini juga mengadakan hiburan seperti barongsai, reog dan beberapa tarian tradisional. Untuk kepuasaan semua warga Surabaya, penyelenggaran membumburi kemeriahan acara spesial itu. Apalagi tiap tahunnya kita tidak akan bosan dengan festival makanan tradisional satu ini. Tema berbeda dan inovatif tiap tahun inilah yang membuat kita tidak akan pernah bosan dengan festival makanan tradisional. Bahkan lebih sering menambah daftar makanan tradisonal yang di jajakan dalam acara tersebut. Kita bisa menyesal jika tidak sempat mengunjungi acara meriah festival itu. Makanan tradisionalnya pun berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Related Post

Subscribe to our newsletter