Home / Asia / Menikmati Festival Makanan Tradisional di Tawak Wau

Menikmati Festival Makanan Tradisional di Tawak Wau

Bisa merasakan enaknya makanan dan minuman merupakan berkah tersendiri bagi kita, umat manusia. Banyaknya varian rasa yang bisa kita nikmati saat memakan sesuatu itu sungguh luar biasa. Mengapa bisa begitu? Sebab tidak semua mahluk hidup memiliki indera perasa yang cukup sempurna seperti manusia. Meskipun ada beberapa hewan yang juga memiliki indera perasa, tapi mereka hanya bisa merasakan beberapa rasa saja.

Tentu berkah ini akan semakin nikmat bila kita menghabiskan waktu di acara makan-makan. Salah satu dari acara makan-makan tersebut adalah acara festival makanan. Dalam sebuah festival makanan, tentu akan ada banyak sekali makanan yang dapat kita pilih sebagai hidangan makan kita. Biasanya sebuah festival akan memakai tema tertentu sehingga makanannya akan tetap terorganisir dan semakin mudah untuk kita nikmati.

Festival Makanan Tradisional Tawak Wau

Salah satu dari tema festival tersebut adalah festival makanan tradisional yang pernah ada pada bulan Desember tahun lalu. Festival yang bertempat di Tawak Wau tersebut merupakan gagasan dari Yayasan Makanan Tawak, Kabupaten Kapuas, Kalimantan. Acara festival makanan tradisional tersebut berlangsung pada hari Sabtu tanggal 27 Desember 2020 sampai Minggu tanggal 28 Desember 2020. Festival makanan ini merupakan sebuah ajang promosi untuk masyarakat setempat yang membuat olahan makanan tradisional. Acara ini sangat memperatikan aspek dari lingkungan dan bahan baku yang alami dan sehat yang tentunya berasal dari daerah tersebut. Masyarakat akan merasa bangga atas makanan yang berasal dari hutan serta kearifan budaya yang ada pada daerah mereka. Tentu dengan promosi seperti ini pendapatan masyarakat yang ada pada daerah ini akan meningkat secara signifikan. Terlebih makanan yang mereka buat merupakan makan tradisional dan khas dari daerah mereka sehingga dapat meningkatkan nilai jual.

Salah satu dari panitia festival ini menuturkan bahwa ide acara ini berasal dari beberapa orang yang berada di Yayasan. Mereka sangat ingin mengenalkan makanan tradisional yang mulai pudar dalam masyarakat karena tergeser makanan instan. Padahal makanan tradisional yang berasal dari alam sangat baik untuk kesehatan karena merupakan olahan dari bahan alami. Selain itu, rasa dari makanan tradisional ini cukup lezat dan bisa bersaing dengan makanan modern yang ada di kota-kota lainnya.

Terdiri dari Beberapa Kelompok

Dalam festival makanan tradisional ini, stan yang ada akan terbagi dalam beberapa kelompok kecil. Kelompok ini akan terdiri dari tiga sampai empat orang yang akan memasak menu yang sama. Menu yang ada terdiri dari berbagai macam makanan, ada makanan pembuka, makanan utama, dan makanan penutup serta minuman. Tentu setiap kelompok yang ada ini akan bersaing untuk menyajikan makanan terbaik mereka. Beberapa hari sebelumnya mereka akan pergi mencari bahan alami yang mereka butuhkan di hutan daerah tersebut. Bahan-bahan tersebut cukup umum untuk kita temukan di dalam hutan, seperti singkong, ubi, dan buah-buahan. Mereka akan mengumpulkan semua bahan tersebut untuk membuat sebuah menu masakan yang tentunya sangat sehat dan nikmat.

Para pengunjung yang datang pun akan bisa menyantap makanan yang kelompok tersebut hidangkan. Salah satu dari kelompok tersebut berujar bahwa sebenarnya alam sudah menyediakan berbagai hal yang kita perlukan. Tergantung dari kitanya saja mau mengolahnya dengan baik atau hanya membiarkannya saja.

Komentar Para Pengunjung

Ada banyak komentar yang para pengunjung lontarkan mengenai festival makanan ini. Ada yang mendukung, ada juga yang mencela karena seperti acara yang tidak jelas saja. Meski begitu ada banyak komentar positif mengenai festival makanan tradisional ini, salah satunya adalah yang Rudi katakan. Rudi merupakan seorang warga dari kota sebelah yang berkunjung demi menikmati makanan yang ada pada festival ini. Dia berpendapat bahwa festival seperti ini sangat jarang ada karena tergerus oleh jaman yang semakin modern. Karena itulah dia sangat senang ketika melihat makanan tradisional favoritnya yang sudah sangat jarang ada muncul di festival ini. Ada juga pendapat dari Fatimah yang menuturkan bahwa dia senang karena ada acara seperti ini di daerahnya.

Demikian tulisan mengenai festival makanan tradisional ini kami tulis, semoga informasi yang ada bisa bermanfaat untuk Anda gunakan sebagai referensi.

 

Related Post

Subscribe to our newsletter