Home / Asia / Rindu Makanan Kampung Halaman? Catat Jadwal Ini!

Rindu Makanan Kampung Halaman? Catat Jadwal Ini!

Sudah berapa lama Anda mulai merantau ke kota orang? Pasti rasanya rindu sekali makan-makanan khas dari kampung halaman atau mungkin Anda ingin mencoba makanan khas tempat perantauan Anda. Tetapi pada masa sekarang sangatlah sulit untuk menemukan tempat yang menjual makanan atau minuman tradisional yang khas.

Kita tahu bahwa kini dunia bisnis kuliner pada perkotaan, banyak sekali yang menyajikan makanan luar daripada makanan asli negara sendiri. Biasanya dunia bisnis kuliner akan mengikuti trend dari media sosial tentang apa yang viral dan mereka jadikan sebagai bisnis. Namun media sosial kini malah lebih banyak memperlihatkan makanan luar negeri seperti makanan korea, jepang dan negara barat lainnya. Tetapi pernahkan Anda merasakan makanan asli khas sendiri atau Anda ingin merasakan makanan khas tempat lain?

Festival Makanan Tradisional Indonesia

Festival makanan tradisional Indonesia selalu memberikan kejutan setiap tahun dari pelaksanaannya. Baik itu tema dari acara atau tamu-tamu yang hadir pada festival makanan tersebut. Tidak heran jika pada musim festival akan banyak pengunjung yang dari dari segala tempat untuk berburu makanan khas tersebut.

Adanya festival ini biasanya memiliki tujuan tertentu seperti perayaan hari jadi kota, acara syukur nikmat dari hasil panen, memperkenalkan makanan tradisional pada generasi muda dan banyak hal lainnya. Adanya berbagai alasan tersebut membuat banyak penggerak pada bidang kuliner maju dan ikut andil setiap acara festival yang ada. Tentu masakannya yang beragam namun tidak terlepas dari rasa tradisional menjadi kunci utama dari adanya acara ini. Berikut adalah festival makanan tradisional Indonesia yang harus Anda catat dan kunjungi ketika jadwalnya sudah tiba!

1. Bali Interfood Festival (Bali)

Setiap dua tahun sekali pada tanggal 3-5 September di Nusa Kambangan, Bali. Anda akan melihat dan dapat menikmati jajanan khas Bali yang bisa Anda pilih dan rasakan semuanya. Tempat yang menjadi Ikon egara Indonesia ini ternyata tidak hanya menampilkan pesona pemandangan yang indahnya saja. Tetapi pemanfaatan dari banyaknya pengunjung yang datang dari segala penjuru dunia membuat pemerintahan Bali memanfaatkannya dengan baik dan selalu mengadakan Bali Interfood Festival. Meskipun acara ini selalu terlaksana pada dua tahun sekali, namun pengunjung yang datang selalu ramai.

2. Festival Kampoeng Tempo Doelo (Jakarta)

Setiap tahunya di Jakarta terutama di Kelapa Gading, Festival Kampoeng Tempo Doelo selalu menjadi acara hebat yang bisa membuat pengunjungnya bernostalgia. Setiap tanggal 13 Mei – 7 Juni Festival ini bisa memanjakan pengunjung dengan makanan khas tempo dulu.

Anda bisa menemukan makanan camilan yang  dulu sering Anda beli ketika kecil. Selain itu Anda juga bisa menemukan beberapa makanan tradisional selain Jakarta. Seperti sate maranggi, sate madura, cilok bandung dan banyak lainnya. Anda bisa makan di tempat yang sudah disediakan di tempat ini. Tapi ingat jangan lupa untuk membawa beberapa makanan untuk di rumah, supaya Anda bisa memakannya dengan keluarga!

3. Festival Sate dan Soto Nusantara (Sumatera Barat)

Jika Anda pecinta makanan dari olahan daging-dagingan, maka Anda harus datang ke Festival sate dan soto Nusantara di Padang. Setiap tahunnya pada tanggal 5 – 6 September di Museum Adityawarman, Padang Anda bisa menikmati banyak jenis sate dan soto. Tercatat ada 50 stan setiap tahunnya yang berdiri pada festival ini untuk meramaikan. Dari banyaknya stan ini Anda harus benar-benar mencoba sate dan soto dengan sangat puas. Jangan lupa untuk membawanya ke rumah ya!

4. Rujak Uleg Festival (Surabaya)

Siapa nih yang suka banget sama rujak? Potongan buah segar dengan bumbu uleg tradisional yang sekarang cukup susah untuk Anda temukan. Tetapi setiap tanggal 31 Mei bertepatan dengan ulang tahun kota Surabaya, Anda bisa menikmati banyak rasa dari bumbu rujak uleg dengan puas! Acara festival ini biasa terselenggara di kawasan Kembang Jepun.

Selain Anda bisa menikmati rujak yang segar, Anda juga bisa menikmati beberapa pertunjukan tradisional pada acara ini. Seperti reog, Barongsai dan tarian-tarian tradisional yang siap menghibur Anda ketika Anda sedang bersantap rujak. Meskipun nama festival ini rujak, tetapi Anda masih bisa menemukan makanan tradisional lainnya kok, jadi isi perut Anda terlebih dahulu dengan nasi sebelum memakan banyak rujak ya!!

Related Post

Subscribe to our newsletter